Home » » Resep Coto Makassar Gurih dan Enak

Resep Coto Makassar Gurih dan Enak

Resep Coto Makassar Gurih dan Enak - Coto merupakan masakan khas makassar yang banyak digemari wisatawan kuliner khususnya di Indonesia. Resep yang digunakan untuk membuat coto dari campuran rempah-rempah yang gurih mampu menciptakan rasa yang berbeda. Yuk kita cari tahu cara membuat coto makassar!?
Bahan Bahan yang digunakan:
  • 1 kg daging sapi
  • 2 liter air cucian beras putih
  • 5 batang serai
  • 5 lembar daun salam
  • 250 gram kacang tanah, > goreng > tumbuk > dan haluskan.
  • 3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
  • 5 cm jahe, yang dihaluskan
  • 1 ruas lengkuas
Bumbu yang perlu dihaluskan yaitu : 8 butir kemiri disangrai terlebih dulu > 10 siung bawang putih > 1 sendok makan ketumbar yang telah disangrai > 1 sendok teh jintan, disangrai dulu > 1 sendok makan garam > 1 sendok teh merica butiran. Bahan pelengkap: - Bawang goreng kering > Irisan daun bawang segar > Irisan seledri segar
Cara Membuat Coto Makassar:
  1. Rebus daging sapi dengan air cucian beras, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam sampai empuk (Untuk hasil yang lebih bagus Anda bisa gunakan presto), kemudian potong-potong dadu,tiriskan.air rebusannya atau kaldu dan jangan dibuang. >> Jika ada jeroan berupa hati,jantung, babat dll harus direbus dengan air biasa dan ditempat terpisah.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan diatas hingga harum.
  3. Bumbu yang telah ditumis tersebut dimasukkan ke dalam kaldu dan panaskan lagi, tambahkan juga kacang tanah goreng yang telah dihaluskan, kemudian tunggu hingga mendidih.
Jangan lupa juga disajikan dengan tampilan yang menarik, berikut cara penyajiannya : Siapkan mangkuk, kemudian masukkan irisan daun bawang, seledri, dan sedikit garam secukupnya. Masukkan potongan daging, maupun jeroan ke dalam mangkuk. tuangkan air kaldu ke dalam mangkuk kemudian taburi bawang goreng diatasnya, selanjutnya tambahkan kecap dan perasan air jeruk nipis. Sajikan selagi masih hangat-hangat panas. Masakan ini lebih enak jika dicampur dengan ketupat.Gimana mudah bukan membuat Coto Makassar yang enak dan gurih? Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post